Home » » Sia-Siakah Pemain Naturalisasi jadi WNI?

Sia-Siakah Pemain Naturalisasi jadi WNI?

Written By Unknown on 1 Okt 2011 | 07.48



Sergio Van Dijk


Keinginan enam pemain naturalisasi untuk memperkuat Timnas senior Indonesia bakal sia-sia. Penanggung jawab Timnas Bernhard Limbong menyatakan bahwa timnas tetap akan fokus menggunakan pemain local untuk berbagai even mendatang. 

"Kalau untuk Singapura dan Qatar mungkin bisa naturalisasi. Soalnya penduduknya kan sedikit. Kalau Indonesia penduduknya sangat banyak. Karena itu mendingan pakai pemain lokal saja," ucap Limbong kemarin (29/9).     

Pernyataan Limbong tentu menutup pintu bagi enam pemain yang tengah menjalani proses naturalisasi. Mereka ialah Tonnie Cusell, Stefano Lilipaly, Johny Rudolf van Beukering, dan Sergio van Dijk, Greg Nwokolo (Persija) dan Victor Chuckwuekezie Igbonefo (Persipura Jayapura). Bahkan kabarnya keenam pemain tersebut hanya tinggal diambil sumpahnya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).  

Limbong menambahkan, para pemain Indonesia juga sebenarnya memiliki kemampuan bagus. Apalagi, Timnas senior sebenarnya sudah tak memiliki kepentingan lain di sisa pertandingan Pra Piala Dunia 2014. Saat ini yang menjadi perhatian serius dari PSSI adalah membentuk timnas yang kuat untuk diterjunkan di SEA Games 2011 mendatang. 

"SEA Games kan harus mendapatkan emas karena tuan rumah. Tapi untuk timnas senior memang tak memiliki target apa-apa. Mustahil kita ke Piala Dunia 2014. Bisa lolos ke babak ketiga saja sudah prestasi yang cukup membanggakan," ucap lelaki yang juga menjabat sebagai Komite Disiplin tersebut. 

Dukungan juga datang dari mantan kiper Timnas Hermansyah. Menurutnya, naturalisasi bukanlah langkah bijak untuk Indonesia jika ingin meraih prestasi di dunia internasional.

"Pemain Indonesia juga banyak yang bagus kok. Yang penting bagaimana pembinaan di kompetisi usia muda," ucap Hermansyah.

Tidak Mudah Masukan 6 Pemain Naturalisasi ke Skuad


Hampir selesainya proses naturalisasi 6 pemain tak membuat PSSI lantas langsung memasukkan mereka ke dalam skuad Garuda untuk menghadapi Qatar 11 Oktober mendatang.
Menurut Koordinator Tim Nasional Indonesia, Bob Hippy, hal itu tak semudah membalikkan telapak tangan karena banyak yang dipertimbangkan termasuk apakah mereka masih bisa didaftarkan untuk laga kualifikasi Pra Piala Dunia 2014.
"Prosesnya kan belum selesai, kita tidak tahu apakah nanti keburu atau tidak dan masih bisa tidak didaftarkan," terang Bob kepada wartawan di kantor PSSI, Jakarta, Senin (19/9/2011).
"Itu tidak gampang, semuanya juga tergantung keputusan pelatih, jika mereka bisa membela Timnas,mereka akan dipanggil," ujar Bob.
Bob juga memaparkan, kehadiran para pemain naturalisasi nanti belum tentu bisa menyatu dengan tim yang sudah ada. Dan itu malah bisa merugikan tim.
"Apakah nanti dengan kedatangan para pemain naturalisasi itu bisa dengan cepat menyatu dengan tim. Kita juga perlu mempertimbangkan hal itu, itu tidak mudah," tukasnya.
Para pemain Timnas Indonesia sendiri akan kembali dipanggil untuk menjalani Training Camp pada tanggal 1 Oktober sebelum menghadapi Qatar dalam PPD 2014 Grup E pada 11 Oktober di Jakarta.
Mengenai enam pemain naturalisasi sendiri baru akan disumpah pada awal Oktober mendatang setelah Keppres diturunkan pada awal September lalu.


Share this article :

Posting Komentar

Ketik komentar anda (No rasis, No Anarkis)

 
Support : Mbojo Network | Tofifoto | Forum Dou Mbojo
Copyright © 2011. Pendukung Timnas Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger