Home » » PSSI Siapkan Timnas U-17

PSSI Siapkan Timnas U-17

Written By Unknown on 6 Des 2011 | 12.24

Untuk menghadapi kalender AFC tahun 2012 yakni Kejuaraan AFC U-17 yang akan dilaksanakan Juni tahun depan, saat ini PSSI melalui jajaran Komite Pengembangan Usia Muda, telah melaksanakaan penelitian/seleksi terhadap para pemain U-16 di tiga Provinsi; DKI Jaya, Jabar dan Banten.
Jurubicara PSSI Eddi Elison menyatakan Senin (5/12), seleksi tersebut dilakukan melalui pertandingan diikuti oleh pelajar-pelajar yang tergabung dalam 16 SSB. Pertandingan antar SSB ini sudah memasuki pekan kelima.

Semua ini dilakukan PSSI bersama dengan Pengprov, agar pemain yang terpilih tahun depan benar-benar dapat diandalkan dan merupakan bibit-bibit muda yang potensial di kemudian hari.

Setiap pertandingan dipantau secara khusus oleh petugas PSSI, sehinggga pemain yang terpilih kelak sudah melalui penyeleksian yang dapat dipertanggungjawabkan. Pertandingan antar SSB selanjutnya akan dlaksanakan di provinsi lainnya, sehingga diharapkan dapat mencakup seluruh Indonesia.

Pelatihan Tom Byer

Selain itu PSSI telah pula melaksanakan pelatihan khusus untuk anak-anak U-12 di bawah Tom Byer, seorang pelatih berkebangsaan AS yang sudah berpengalaman selama 25 tahun di Jepang dalam melatih anak-anak, melalui sebuah akademi yang dipimpinnya. Pada hari pertama di lapangan C PSSI, Tom melatih sekitar 200 anak-anak. Hari kedua, anak-anak U-14 mengikuti pelatihan berikutnya.

Banyaknya minat dan perhatian anak-anak terhadap metode pelatihan yang disampaikannya, ternyata berbeda dengan pelatihan yang selama ini pernah dialami anak-anak tersebut, semakin meyakinkan Tom, bahwa di Indonesia sebenarnya adalah gudang pemain sepak bola di masa depan.

Oleh karena itu, seperti disampaikan Eddi, Tom akan berada di Jakarta untuk beberapa waktu, mengadakan konsultasi dengan PSSI, untuk dapat membuka sebuah akademi sepak bola di Indonesia seperti yang dilakukannya di Jepang.

Melatih Pelatih

Kegiatan lain yang terus dilaksanakan PSSI sejak 2 bulan terakhir adalah mengirim seorang pelatih dari Belanda Bert Pentury ke daerah-daerah melakukan pelatihan teori dan praktek untuk para pelatih, teruama yang selama melatih di SSB.

Dibantu pelatih Indra Syafri,keduanya telah melakukan pelatihan di Jambi yang diikuti 25 pelatih, di Bengkulu dengan 30 peserta dan Medan 26 pelatih. Dari Medan, setelah kembali ke Jakarta, Bert dan Indra minggu depan akan ke Padang.

Bert menyatakan, pelatihan yang dilakukannya di setiap kota selama lima hari, mendapat perhatian serius dari pelatih daerah, karena inilah pertama kalinya mereka mendapat teori dan praktek tentang kepelatihan yang benar untuk anak-anak. (pssi-football.com)


Follow Twitter kami @TimnaSSuporter & Facebook Pendukung Timnas Indonesia
Share this article :

Posting Komentar

Ketik komentar anda (No rasis, No Anarkis)

 
Support : Mbojo Network | Tofifoto | Forum Dou Mbojo
Copyright © 2011. Pendukung Timnas Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger